Pages

09 November 2010

Barca Terbaik Sepanjang Dekade

BARCELONA - Juara bertahan La Liga, Barcelona, terpilih sebagai tim terbaik dalam 10 tahun terakhir oleh Pusat Riset Sejarah dan Statistik Sepakbola Spanyol (CIHEFE), Selasa (9/11/2010).

Pemilihan itu diungkapkan CIHEFE usai menilai hasil pertandingan seluruh klub Spanyol, baik di ajang liga maupun turnamen. Selain itu, CIHEFE turut menilai performa masing-masing individu yang dimiliki tim.

Setelah melakukan penilaian, raksasa Catalan yang kini dibesut Pep Guardiola dinyatakan sebagai yang terbaik, demikian dilansir Goal, Selasa (9/11/2010).

Penilaian ini sendiri bertujuan menciptakan sistem poin untuk seluruh tim Spanyol, seperti halnya ranking timnas. Setiap klub berhak mendapat angka jika sukses meraih kemenangan ataupun hasil imbang di ajang La Liga, kompetisi domestik, maupun kompetisi Eropa.

Sejak 2000 hingga 2010, Los Azulgrana berhasil mengumpulkan 1630 poin. Nilai ini jauh lebih tinggi ketimbang musuh bebuyutan mereka, Real Madrid, yang hanya mampu meraup 1482 poin.

Sementara, Valencia berada di posisi tiga dengan raihan 1236. Yang mengejutkan, Deportivo La Coruna menempati posisi empat setelah mencatat koleksi nilai 1024.

Meski demikian, berdasarkan penilaian individu atau pemain, Real Madrid mencatatkan diri sebagai yang terbaik di kompetisi La Liga. Sedangkan Sevilla menjadi kubu terbaik di ajang Copa del Rey, berkat dua kemenangan dalam 10 tahun terakhir.

No comments:

Post a Comment